Battery-Accu-Aki.com

KAMI MULAI 1 OCTOBER 2009

ANDA PENGUNJUNG KE:

website statistics

MERK BATTERY-ACCU-AKI

PEMBAYARAN / TRANSFER

TRANSFER BANK

AKI 0 product

A K I
Aki (Battery) adalah alat penyimpan energy yang diisi oleh aliran DC dari panel surya. Tanpa menggunakan aki, suplai aliran listrik ke alat-alat pemakaian listrik akan berhenti pada malam hari atau ketika sinar matahari itu lenyap karena ditutupi oleh awan dsb. Supaya bisa tahan lama dari pengisian dan pengeluaran arus listrik yang tak terputus, umumnya Aki deep-cycle yang dipakai pada system surya. Aki biasa dan aki mobil tidak cocok untuk dipakai pada sistem surya.

1. Aki deep-cycle jenis Marine pada dasarnya digunakan untuk aplikasi yang kecil dan sederhana di kapal layar dan perkemahan. Selain aki Marine ini, aki Kenderaan Golf juga sering dipakai untuk aplikasi sederhana.



2. Aki deep-cycle jenis Lead Acid adalah aki yang berkepingan internal yang tebal dan banyak digunakan oleh industry-industri berat. Yang paling diminati termasuk Aki Trojan, Surrette dan Deka. Aki-aki ini bisa tahan lama sampai bertahun-tahun. Aki Lead Acid mengeluarkan gas sewaktu pengisian arus DC berlaku. Demi keselamatan, aki-aki ini harus ditempatkan diluar bangunan dan dipasang oleh ahli yang berketrampilan.



3. Aki Sealed Gel ada aki deep-cycle yang tidak menguapkan gas ketika proses pengisian berlangsung. Aki ini cocok dipakai di dalam bangunan.



4. Aki Absorbed Glass Mat (AGM) adalah aki anti bocor dan mempunyai kinerja yang sangat tinggi. Jenis aki ini boleh dikatakan adalah yang terbaik untuk diterapkan pada sistem surya industri-industri berat. Misalnya, aki AGM terdapat di dalam pesawat terbang, rumah sakit dsb. Qualitas aki AGM juga sangat bagus dan bisa tahan lama. Aki Sun Xtender adalah contoh jenis AGM.

CONTOH PERHITUNGAN DAYA BANK AKI (BATTERY BANK)

Kapasitas aki ditentukan dengan satuan Amper-jam (Ampere-hours atau diringkas dengan satuan Ah), yaitu ukuran besarnya daya simpan aki. Tegangan DC aki berstandar 6V, 9V, 12V, 24V dan 48V adalah sangat umum sekali di pasaran. Sebuah aki 12V biasanya berkapasitas 100Ah.



Untuk menentukan berapa buah aki yang dibutuhkan untuk menyimpan arus yang disalurkan dari panel-panel surya, perlu kita ketahui besarnya beban dan jenis aki yang dipilih. Untuk tujuan perhitungan, kita kembali lagi ke contoh gedung walet di atas :



Total Beban = 1200 Watt-jam/hari

Jenis Voltase Aki yang akan dipakai = 12V

Total Kapasitas Aki = 1200/12V = 100Ah

Jumlah Aki yang diperlukan = 100/100

= 1 buah Aki (berkapasitas 12V, 100Ah)

Kalau hanya 1 buah aki yang diterapkan, ini berarti aki tunggal ini akan habis dayanya setelah dipakai 24 jam tanpa pengisian. Tuntutan beban audio gedung walet adalah tidak boleh ada penghentian suplai tenaga listrik. Kalau begitu, kapasitas Bank Aki perlu ditingkatkan. Andaikan asumsi kita bahwa hujan itu bisa berlangsung selama satu hari satu malam tanpa berhenti, maka kapasitas Bank Aki perlu kita tingkatkan 2 kali lipat - yaitu 2 buah aki (12V, 100Ah). Dengan demikian, Bank Aki akan selalu ada cadangan daya 50%.

There is no product in this category.

Jam Kerja 09:00-17:00

Do You Have a Question?

Call Us

TELEPON :

TELP : 021 - 27 923222

TELP : 0858 11 923222

S M S :0852 83 923222

PIN BBM

EMAIL :

tokoaccu@yahoo.com

YAHOO - MESSANGER

CATATAN : - Harga dan spesifikasi bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya - Kami akan berusaha mengupdate harga kompetitif untuk setiap Produk, Bila Anda menemukan kesalahan dalam harga dan produk kami, silahkan beritahu kami

2009 Copyright ATASYA MEDIA ELEKTRONIK Web Design By tyo